more-share forum

10 Aturan Bulking yang “Benar” by duniafitnes.com

Jika saat ini Anda sedang menjalankan program bulking atau tertarik untuk memulainya, maka ini adalah artikel yang tepat untuk Anda. Simak artikel berikut untuk melihat apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan keberhasilan dalam program bulking Anda dan mendapatkan massa otot tanpa lemak yang Anda inginkan!

Dalam program bulking, Anda harus mengetahui terlebih dahulu konsep yang sebenarnya dalam menjalani program ini. Bulking sering dianggap sebagai proses untuk menambah berat badan, akan tetapi sebenarnya tujuan utama bulking adalah untuk menambah massa otot, bukan hanya berat badan saja. Oleh karena itu, bulking yang “benar” adalah saat berat badan Anda yang naik lebih banyak berupa massa otot, bukan lemak. Nah, apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan hasil bulking yang benar itu?

  1. Tentukan Tujuan Anda
    Ingat, tujuan utama bulking adalah untuk mendapatkan tambahan massa otot seoptimal mungkin, oleh karena itu fokuslah pada tujuan Anda.
  2. Pantau Perkembangan Anda
    Untuk mengukur kemajuan dan perkembangan hasil program Anda, maka Anda harus mengetahui apakah Anda sudah berhasil menambah massa otot Anda, atau apakah Anda justru menambah timbunan lemak dalam tubuh Anda. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan mengukur kadar lemak tubuh Anda sebelum dan setelah bulking dengan menggunakan alat body fat monitor.
  3. Konsumsi Cukup Kalori
    Anda kemungkinan besar akan mendapatkan penambahan lemak saat bulking. Untuk meningkatkan massa otot, Anda harus makan lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar dan melakukannya dapat menyebabkan Anda menyimpan lebih banyak lemak. Beberapa orang mencoba untuk tetap langsung sambil mendapatkan tambahan massa otot dengan entah itu tidak makan kalori dalam jumlah cukup atau melakukan terlalu banyak kardio. Melakukan hal itu dapat membuat mereka menjadi super kurus tapi mereka tidak akan mendapatkan banyak otot. Beberapa orang lainnya justru memakan apapun untuk mendapatkan kalori sebanyak yang mereka bisa. Strategi ini pasti akan menyebabkan kenaikan berat badan, tapi banyak berat badan yang naik tersebut pasti akan lebih banyak berupa lemak dan bukan otot. Yang terbaik adalah makan kalori yang cukup untuk mendapatkan otot dengan tetap menjaga apa yang Anda makan dengan baik serta melakukan latihan kardio untuk menjaga kadar lemak dan kesehatan jantung Anda.
  4. Tetap Lakukan Kardio
    Meskipun Anda sedang dalam program bulking, Anda tetap perlu melakukan latihan kardio, sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Ini bertujuan untuk mempertahankan kadar lemak tubuh Anda agar Anda tetap lean, serta menjaga kesehatan jantung dan membuat Anda bugar.
  5. Jika Anda Menjadi Lebih Kuat Artinya Anda Lebih Besar
    Salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda telah menambah massa otot adalah jika Anda semakin kuat. Dengan semakin meningkatkanya kekuatan Anda, maka artinya otot Anda juga semakin besar. Jika Anda sedang menjalankan program bulking dan tidak memiliki kekuatan atau kehilangan kekuatan, artinya program Anda masih perlu diperbaiki.
  6. Waktu Istirahat & Recovery yang Cukup
    Ingat, otot Anda tumbuh di luar gym! Latihan Anda berfungsi sebagai stimulus untuk pertumbuhan otot Anda, tetapi jika Anda tidak mendapatkan waktu istirahat dan pemulihan yang cukup di antara sesi latihan, maka hasil program Anda tidak akan optimal. Latihan beban disarankan dilakukan 4-5 kali per minggu.
  7. Makan Protein yang Cukup
    Kita semua tahu pentingnya protein untuk pertumbuhan otot, jadi pastikan Anda makan 1 – 1,5 gram protein per kg berat badan setiap hari. Jika Anda mengalami kesulitan untuk mengkonsumsi protein dalam jumlah yang cukup, menambahkan suplemen seperti protein shake adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan protein Anda.
  8. Jangan Abaikan Asupan Lemak dan Karbohidrat
    Hanya karena Anda sudah mengkonsumsi protein yang cukup tidak berarti Anda dapat mengabaikan asupan lemak dan karbohidrat. Keduanya diperlukan untuk mendukung pertumbuhan otot jadi pastikan Anda juga memperhatikan tercukupinya nutrisi ini dengan baik.
  9. Nutrisi Pasca Latihan Itu Vital
    Sementara semua waktu makan Anda itu penting, perhatian khusus harus diberikan pada asupan nutrisi pasca latihan Anda. Untuk memaksimalkan pertumbuhan otot dan pemulihan, nutrisi pasca latihan seperti protein shake yang terdiri dari whey protein dan karbohidrat cepat serap merupakan nutrisi yang sangat ideal. Menambah suplemen seperti creatine dan glutamine juga akan lebih meningkatkan hasil latihan Anda.
  10. Ikuti Aturan Bulking di Atas
    Daripada sibuk mengurusi setiap detail kecil dari 10 aturan di atas yang justru membuat Anda menunda-nuda untuk melakukannya, apa yang Anda harus Anda lakukan adalah tetap fokus pada tujuan Anda. Ikuti 10 aturan di atas untuk membawa program bulking Anda menuju sukses dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan tubuh padat berotot bebas lemak yang Anda inginkan.

Nah, seperti yang sudah disebutkan pada aturan ke-10 di atas, maka yang harus Anda lakukan sekarang adalah segera ikuti dan lakukan tips yang diberikan di atas untuk mendapatkan hasil program bulking yang Anda inginkan dengan lebih optimal!

  Binaraga Shop

[View All]
on sale!

Amino 2002

Disc 10 % Off
Rp 596000
Rp 536,400
Disc 10 % Off
Rp 1050000
Rp 945,000
on sale!

Ultra Amino

Disc 10 % Off
Rp 578000
Rp 520,200
on sale!

Horny Goat Weed

Disc 10 % Off
Rp 445000
Rp 400,500