more-share forum

Mengecilkan Perut Bagian Bawah Agar Menjadi Rata

Tubuh saya termasuk kurus, 163 cm dengan berat badan 47 kg. Tetapi mengapa meskipun teman-teman sekantor iri karena saya tidak mudah gemuk, saya merasa koq masih banyak lemak terutama di pipi dan perut bagian bawah. Saya sudah berusaha sit-up setiap hari sebelum makan malam, tetapi koq bagian perut bawah tidak pernah bisa rata? Saya mau jogging, tapi takut karena nanti tambah kurus.

Untuk perut bagian bawah yang masih belum rata, perlu lebih dari sekedar sit-up. Tetapi jangan kuatir, tidak sesulit yang kita kira koq.

Pertama-tama kami jelaskan dulu ya, bahwa gemuk atau kurus itu tidak ditentukan oleh berat badan saja. Kita dikatakan gemuk apabila memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh. Dengan kata lain, kontribusi lemak dalam berat badan sangat mempengaruhi gemuk langsingnya diri seseorang. Nah apabila kontribusi bobot lemak terhadap berat badan mencapai 30% atau lebih, maka orang tersebut bisa dikategorikan gemuk. Untuk wanita, sebaiknya kontribusi bobot lemak terhadap berat badan berada dalam rentang ideal, yaitu antara 17% – 25% dari total berat badan.

Untuk mengukur lemak, ada beberapa cara mengukurnya, salah satu yang paling populer adalah dengan bioelectrical impedance atau istilah sederhananya bodyfat sensor. Bodyfat sensor ataupun fasilitas pengecekan kadar lemak ini sudah bisa Anda dapatkan di berbagai pusat kebugaran yang baik, atau pada beberapa counter penjualan produk peralatan kesehatan di mal.

Jadi meskipun  terlihat kurus dan berat badan di bawah ideal, bisa saja termasuk dalam kateogori wanita yang gemuk (bobot lemak 30% dari bobot total tubuh). Kondisi ini tentunya bukan kondisi yang baik, karena lemak selain merupakan pengganggu penampilan juga merupakan pengganggu kesehatan. Lemak adalah kontributor utama penyakit-penyakit degeneratif seperti: jantung, stroke, tekanan darah tinggi, kolesterol LDL yang tinggi, diabetes, dan bahkan kanker. Beberapa penyakit yang ditimbulkan lemak ini adalah kontributor kematian terbesar untuk masyarakat modern.

Kembali lagi ke masalah perut bawah yang kurang rata, ada 3 strategi yang perlu lakukan secara lengkap untuk mendapatkan SHAPE yang lebih baik, dan tentunya kesehatan yang lebih prima.

  1. Kombinasi Latihan Pengencangan & Cardio

Riset di berbagai universitas terkemuka dunia menemukan bahwa kombinasi latihan pengencangan otot dan cardio adalah lebih baik daripada salah satunya saja. Hal ini karena dampak peningkatan metabolisme dan manfaat keduanya yang memang berbeda. Latihan pengencangan otot selain berfungsi seperti namanya, juga berfungsi untuk membakar energi gula dalam darah, menjaga sensitivitas insulin, mengencangkan tulang, meningkatkan tenaga. Sementara latihan cardio seperti senam aerobik, jogging, ataupun menggunakan treadmill berfungsi untuk membakar energi lemak, meningkatkan kapasitas paru-paru, memperkuat jantung, dan memperlancar peredaran darah. Melihat manfaatnya yang demikian berbeda dan saling ekslusif, maka wajar apabila penemuan pada riset-riset tersebut menganjurkan kita untuk menggabungkan keduanya daripada melakukan salah satunya saja.

Untuk latihan pengencangan, bisa dilakukan saat pulang dari kantor atau kuliah, di rumah ataupun dengan mendaftarkan diri ke salah satu pusat kebugaran terdekat. Latihan pengencangan ini cukup dilakukan selama 30 menit. Untuk latihan aerobik, idealnya dilakukan pagi hari sebelum sarapan ATAU segera sesudah latihan pengencangan. Latihan aerobik juga bisa dilakukan selama 30 menit, dan pastikan selama 30 menit ini  mencapai detak jantung sebanyak 125-135 detak per menit. Luangkan waktu untuk lakukan tips sederhana ini 3 kali seminggu, kami yakin problem lemak  pasti akan cepat terselesaikan.

  1. Pengaturan Pola Makan

Selain olahraga yang teratur, mengatur pola makan juga akan memberikan hasil yang lebih cepat, dan pastinya manfaat kesehatan yang lebih besar. Untuk itu, tidak perlu kuatir mengenai upaya meningkatkan berat badan dulu. Yang penting dirapikan dulu pilihan mentah, timing, jenis penyajian, dan jumlah dari makanan yang di konsumsi.

  1. Latihan Pengencangan Perut

  Binaraga Shop

[View All]
on sale!

VP2 Whey Isolate

Disc 20 % Off
Rp 1250000
Rp 1,187,500
Disc 20 % Off
Rp 338000
Rp 321,100
on sale!

Cherished Skin

Disc 0 % Off
Rp 230000
Rp 230,000