more-share forum

MULAILAH DENGAN MERUBAH GAYA HIDUP

MULAILAH DENGAN MERUBAH GAYA HIDUP

Siapa Mau Punya Bentuk & Kesehatan Tubuh Yang Ideal?
Ketika kita ditanya dengan pertanyaan sederhana: Apakah Anda menginginkan tubuh yang terbentuk ideal dan sehat? Jawaban yang mungkin lebih banyak didengar adalah “Mau dong!” Namun ketika dihadapkan pada pertanyaan: Maukah Anda melakukan perubahan yang diperlukan untuk meraih tubuh yang Anda idamkan tersebut? Maka kita mungkin akan lebih banyak mendengar tentang alasan-alasan yang membuat kita tidak bisa mencapainya. Beberapa yang paling populer di antaranya:

Saya terlalu tua untuk menginginkan badan bagus. Untuk apa lagi?
Memiliki badan yang bagus adalah milik siapa saja, dan akan diraih oleh mereka yang mengusahakannya. Kesehatan adalah bonus manis yang juga akan diraih dengan memiliki bentuk tubuh yang baik.

Gaya hidup yang sehat adalah kunci untuk mencapai badan yang lebih bagus dan hanya akan tercapai melalui aktivitas olahraga, pengaturan pola makan, dan istirahat yang teratur dan proporsional.

Tidak pernah ada yang menggunakan usia tua sebagai hambatan untuk memiliki uang banyak atau gelar pendidikan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, usia juga tidak perlu menjadi penghalang untuk mendapatkan bentuk fisik yang lebih baik.

Bertambahnya usia biasanya ditandai dengan melambatnya metabolisme serta penurunan fungsi-fungsi organ tubuh, seperti pankreas, hati, paru-paru, jantung, dan tulang. Kebutuhan untuk menjaga kesehatan dengan menjalani gaya hidup yang sehat bertambah dengan sendirinya. Menurut salah satu survey di Australia, negara produsen susu berkualitas dengan tingkat konsumsi produk susu yang tinggi, 2 dari 3 penduduk wanita dan 1 dari 3 penduduk pria berusia 60 tahun ke atas terancam menderita osteoporosis (suatu penyakit pengeroposan tulang akibat kurangnya atau terlepasnya mineral kalsium). Sementara itu, puluhan penelitian ilmiah baru telah menunjukkan bahwa tubuh yang lebih aktif berolahraga (secara spesifik latihan beban dan aktivitas aerobik yang juga merupakan aktivitas inti dalam membentuk tubuh dan menurunkan berat badan) memiliki kemampuan untuk menyerap kalsium yang lebih baik daripada tubuh yang tidak aktif berolahraga.

Kapan usia terbaik untuk memulai gaya hidup yang sehat dan mendapatkan badan yang bebas lemak? Jawabannya adalah usia sekarang! Jadi berapapun angka usia yang dilontarkan, jawabannya selalu benar. Dan ini menggaris bawahi bahwa setiap orang tidak pernah berada dalam kategori usia terlalu tua untuk memulai.

Saya terlalu sibuk, tidak punya waktu.
Setiap orang mendapatkan jatah waktu yang sama setiap harinya, yakni 24 jam. Namun ada orang yang bisa meluangkan 30 hingga 60 menit waktunya untuk berolahraga setiap hari, dan ada yang tidak. Apakah semua orang yang meluangkan waktu berolahraga adalah orang yang pasti lebih punya waktu daripada orang yang tidak punya waktu?

Apabila dipikir lebih lanjut, aktivitas olahraga juga merupakan suatu tambahan aktivitas, sehingga membuat seseorang lebih sibuk daripada saat ia tidak berolahraga. Bagi yang memiliki kebiasaan berolahraga, olahraga bukan cerminan dirinya punya kelebihan waktu atau kurang sibuk melainkan satu wujud kesadaran dan apresiasi yang tinggi terhadap kesehatan. Adanya waktu berolahraga adalah hasil dari pengaturan waktu yang cermat yang muncul dari kesadaran dan prioritas untuk hidup sehat.

“Kesehatan mungkin bukanlah yang utama. Tetapi tanpa kesehatan, yang utama menjadi tidak mungkin. Kesehatan mungkin bukanlah segalanya. Tetapi tanpa kesehatan, hampir segalanya sesuatu menjadi tidak mungkin.”

Saya sudah lelah setelah bekerja seharian, mana mungkin punya tenaga untuk berolahraga?
Kelelahan setelah bekerja seharian adalah hal yang wajar dan terjadi pada banyak orang. Tetapi sebagian besar faktor penyebab kelelahan itu adalah pola hidup yang kurang teratur. Waktu istirahat yang kurang mencukupi, tidak teraturnya pola makan, dan kebiasaan merokok adalah beberapa hal yang bisa memperburuk kondisi tubuh. Memperbaiki faktor-faktor tersebut dengan berolahraga, memiliki pengaturan nutrisi (diet) yang lebih baik dan lengkap, dan istirahat yang cukup akan memberikan manfaat tubuh yang lebih bugar, yang tidak mudah lelah. Dengan bentuk tubuh dan kesehatan yang lebih baik, produktivitas kerja pun meningkat sehingga tugas bisa terselesaikan dalam kurun waktu yang lebih singkat.

Jangan takut untuk berolahraga. Meskipun pada tubuh yang sering lelah dan letih, pada awalnya olahraga akan menjadi tantangan, tetapi hal tersebut tidaklah berlangsung lama. Tubuh akan dengan cepat menyesuaikan diri terhadap tingkat aktivitas yang baru. Dan seiring waktu, dengan bertambahnya pengetahuan dan informasi yang dimiliki, strategi menjalankan gaya hidup yang lebih sehat akan semakin tajam dan efektif.

Perubahan Yang Menyenangkan
Perubahan, kata ini tampaknya memang sangat ditakuti oleh banyak orang. Dalam dunia bisnis dan professional, terkenal istilah resistance to change (penolakan terhadap perubahan) telah dianggap sebagai salah satu sikap yang menghambat kemajuan. Dalam dunia kebugaran dan kesehatan, resistensi tersebut juga biasa terjadi. Bayang-bayang hilangnya makanan favorit dari menu sehari-hari disertai badan pegal-pegal akibat latihan bukanlah suatu proses yang menyenangkan untuk dipikirkan, apalagi dijalankan. Keadaan status quo lebih merupakan pilihan, terutama bagi mereka yang sudah merasa nyaman di dalamnya.

Yang menghasilkan bentuk tubuh dan kondisi kesehatan seseorang seperti adanya hari ini, baik itu gemuk, kurus, sehat ataupun kuran sehat adalah gaya hidup yang dijalani selama ini. Perubahan menuju hal yang lebih baik adalah perubahan yang menyenangkan dan tidak perlu ditakuti. Selama perubahan tersebut dijalankan secara bertahap dan dengn strategi yang benar, maka perubahan tersebut akan menjadi proses yang memberi hasil sekaligus kepuasan bagi siapapun yang menjalankannya.

Persistensi dan Konsistensi
“Anda tidak akan menghasilkan hasil yang berbeda dengan terus-menerus mengupayakan hal yang sama.”

Dalam upaya memperbaiki gaya hidup, dibutuhkan dua kualitas ini: persistensi dan konsistensi. Persistensi secara bebas diartikan sebagai tekad dari dalam diri untuk memulai suatu gaya hidup yang baru, yang lebih baik, untuk hasil yang lebih baik. Baru kemudian, diikuti dengan upaya untuk menjalankan gaya hidup baru ini sebagai suatu kebiasaan hidup, hingga muncul konsistensi.

Gaya Hidup Sehat
Secara mendasar, gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang menyarankan tiga elemen untuk eksis secara proporsional dan seimbang, yakni: olahraga, pengaturan pola makan, dan istirahat. Dengan mengutamakan kesehatan, tiga elemen penting tadi akan berjalan terlebih dahulu, maka fisik yang lebih baik akan datang dengan sendirinya. Kalaupun ingin mengutamakan perubahan bentuk tubuh dulu, pastikan untuk mengikuti cara-cara yang diurai dalam buku ini.

Action Plan

  • Konsultasikan dan cek kesehatan Anda terlebih dahulu ke dokter sebelum memulai suatu program latihan maupun pola makan yang baru.
  • Prioritaskan untuk memperbaiki gaya hidup dan kesehatan terlebih dahulu.
  • Kenalilah kondisi tubuh Anda sendiri saat memulai, dan bersikap jujurlah saat melakukan evaluasi kesehatan. Hal ini memudahkan pemantauan kemajuan (progress monitoring) ke depannya.
  • Tulislah tujuan-tujuan fisik yang ingin dicapai. Tujuan atau gol yang dibuat haruslah:
    • Realistis
    • Spesifik
    • Memiliki Batas Waktu (Terbagi Dalam Jangka Pendek dan Panjang)
    • Terukur
    • Menantang Tetapi Sesuai Kemampuan / Kapasitas Diri

Contoh Goal-Setting
1. Sebagai permulaan, saya ingin menurunkan_____kilogram berat badan pada jam____ tanggal____ bulan_____tahun____.

2. Sebagai permulaan, saya ingin menormalkan kadar:
Kondisi Sekarang            Target

  • HDL
  • LDL
  • Triglyserida
  • Tekanan Darah

Pada tanggal______ bulan_____tahun_____.

  Binaraga Shop

[View All]
on sale!

Coral Calcium

Disc 20 % Off
Rp 240000
Rp 228,000
on sale!

CO Q10 75mg

Disc 10 % Off
Rp 175000
Rp 157,500
on sale!

Squamega

Disc 20 % Off
Rp 575000
Rp 546,250