more-share forum

Pola Makan Yang Membuat Otak Awet Muda

Pembentukan hormon kebahagiaan dari protein

Hewan bergerak untuk mendapatkan makanan . Jika mengamati hewan -hewan yang hidup bebas, kita akan menemukan bahwa aktivitas mereka didominasi oleh kegiatan mencari makanan dan berkembang biak . Aktivitas berkembang biak bergantung pada musim , sedangkan kegiatan mencari makanan sepanjang waktu. Singkatnya , sepanjang hidupnya , hewan hanya berkutat dengan urusan memperoleh makanan.

Dalam hal ini, manusia dan hewan pada dasarnya sama. Aktivitas mencari makanan ini menjadi biang setiap konflik yang terjadi pada masa silam. Saat ini, persediaan bahan makanan pada umumnya melimpah sehingga hampir tak ada lagi  orang yang using memikirkan cara agar hari ini bisa mendapatkan sesuatu untuk di makan . Kita hidup dalam era yang benar -benar diberkati, tetapi seharusnya kita melupakan bahwa tubuh manusia diprogram sedemikian rupa agar bisa memecahkan masalah yang muncul akibat rasa lapar . Pusat rasa lapar dalam sistem saraf pusat maupun penyimpangan lemak bekerja berdasarkan premis berikut: ” Mungkin persediaan makanan saya akan segera habis. “Nah,sebaliknya ,tubuh kita tidak  mengetahui pasti cara penanganan persediaan melimpah ini. Jika kita tidak bisa mengontrol pola makan saat makanan melimpah , berarti kita merusak kesehatan kita .

Pertama ,manusia modern harus mewaspadai asupan kalori yang terlalu tinggi. Masalah ini telah umum diketahui , dan kebanyakan orang berusaha mengendalikannya dengan berbagai cara. Oleh karena itu , saya tidak akan memberikan tekananan khusus pada hal ini.

Akan tetapi , ada hal kedua yang harus Anda perhatiakan . Seperti yang telah disinggung , penting bagi Anda untuk menyantap banyak makanan yang kaya protein karena protein menyediakan bahan yang akan  diproduksi menjadi hormon -hormon kebahagiaan . Hormon kebahagiaan merupakan senyawa material dan dibangun dengan materi . Anda tidak boleh melupakan asam amino dalam makanan Anda karena asam amino merupakan bahan dasar untuk membentuk  senyawa hormon kebahagaan.

Kita hanya bisa menyimpan sedikit asam amino di otak . Persediaan yang terbatas ini akan cepat habis oleh kebutuhan . Memakan protein sekaligus dalam jumlah banyak tidak ada gunanya. Asupan harian yang mengandung protein tinggi sangat di butuhkan untuk mempertahankan otak agar selalu sehat dan aktif. Tentu saja , Anda memperhatikan asupan kalori; ini sudah cukup jelas.

Sekarang muncul pertanyaan ,makanan yang harus dimakan untuk memenuhi tujuan ini? Sebagai contoh pola makan yang baik, saya ingin mengemukakan diet vegetarian tradisioanl biarawan Buddha di jepang . Dewasa ini , para biarawan telah berubah ; boleh makan semua makanan sehingga banyak di anatar mereka yang tidak sehat akibat nutrisi yang buruk. Akan tetapi , kita tetap dapat mengklaim bahwa makanan di kuil buddha tradisional adalah nutrisi terbaik untuk mempertahankan keremajaan otak. Sumber yang baik untuk protein nabati yang berkualitas tinggi terutama adalah makanan yang dibuat dari kedelai fermentasi, seperti tahu , tofu,miso,dan yuba. Para biarawan dahulu sering mencapai usia yang panjang dan tetap memiliki kemampuan intelektual sampai akhir hayat , terutama berkat makanan seperti ini.

 

Makanan vegetarian sederhana yang di santap biarawan kuno pastilah tidak mengundang selera bagi manusia normal yang hidup di dunia modern dengan segala godaan kuliner mereka . Karenanya, untuk makanan vegetarian , saya mengacu pada masakan jepang klasik ala kyoto.

Menurut saya, tidak ada yang tidak menyukai masakan adiboga atau bercita-rasa tinggi. Makanan membuat kita merasa sangat senang . Oleh sebab itu,orang yang menolaknya cenderung mengalami stres. Otak juga bergembira saat kita memakan hidangan yang enak dan mengundang selera , dan hal itu mengaktifkan produksi hormon kebahagiaan . Sebaliknya ,jika kita harus menyantap makanan yang tidak enak atau bahkan memuakkan , tidak ada hormon kebahagiaan yang di keluarkan.

Seandainya hanya menyantap makanan yang menurut kita enak atau yang kita sukai , niscaya kita dapat menghindari kerusakan akibat asupan nutrisi yang berlebihan dan tidak seimbang.

Kenikmatan seperti itu memang akan melepaskan hormon-hormon kebahagaiaan, tetapi asupan makanan yang berlebihan dan tidak seimbang akan berujung pada pembentukan oksigen aktif .

  Binaraga Shop

[View All]
Disc 10 % Off
Rp 365000
Rp 328,500
on sale!

Especially Yours

Disc 20 % Off
Rp 450000
Rp 427,500
on sale!

Mega Mass 2000

Disc 20 % Off
Rp 1837000
Rp 1,745,150
on sale!

ISO 100

Disc 20 % Off
Rp 1710000
Rp 1,624,500