Menu

Dengarlah Suara Tubuh,

0 Comment

Dengarlah Suara TubuhPara lanjut usia yang belum pernah melakukan kegiatan olahraga sama sekali sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan terlebih dahulu. Kemudian, mulailah olahraga dengan hati-hati sesuai kemampuan. Hal ini penting karena bila dimulai dengan salah, olahraga justru membuat kita semakin tidak sehat. Namun, percayalah bahwa dalam kondisi apa pun kesehatan dan usia Anda, Anda tetap masih dapat melakukan kegiatan olahraga untuk memperbaiki maupun menjaga kesehata tubuh Anda.

Mulailah degan yang sangat ringan, sesuai dengan kemampuan. Jika perlu, lakukan hanya satu-dua menit setiap hari pada awalnya. Kemudian ditingkatkan perlahan-lahan bila Anda sudah merasakan kemajuan.

Olahraga adalah cara paling mudah untuk menjaga sensitivitas dan kadar insulin tetap bekerja dengan baik dalam tubuh kita. Hal ini perlu karena bila insulin tidak bekerja dengan baik, kita mudah terkena penyakit darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes dan obesitas. Olahraga dan diet yang baik dan teratur mungkin merupakan obat paling baik untuk mencegah maupun mengendalikan gejala dari penyakit-penyakit tersebut.

Untuk orang yang mengalami obesitas, bila mereka dapat melakukan olahraga dengan baik selama satu jam per hari, ¬†5 kali seminggu, biasanya akan terjadi penurunan berat badan sebanyak 10%. Ini perlu dilakukan oleh orang dengan obesitas, karena mereka punya “utang olahraga” yang harus dibayar kembali untuk mendapatkan kesehatan lagi. ¬†Mulailah dengan berjalan perlahan yang kemudian tingkatkan intensitasnya bila olahraga yang dilakukan sudah dirasakan ringan. Bila Anda sudah dapat berjalan dengan baik sekitar 30-40 menit, sudah waktunya Anda melakukan modovikasi denga mengombinasikannya dengan olahraga beban untuk mendapatkan hasil yang lebih baik bagi kesehatan Anda. Jadi, setiap Anda berolahraga, dengarla selalu “suara tubuh” Anda, kapan intensitasnya sudah dapat ditingkatkan, kapan belom.

So, always listen to your body.

By: 101 Fitness di usia 40+