Menu

Kekurangan Mineral — Krisis Gaya Hidup Masa Kini

0 Comment

Mari kita perhatikan fungsi vitamin dan mineral . Keduanya membantu fungsi enzim sehingga sering disebut sebagai koenzim .

Enzim berperan  utama dalam kegiatan hidup , dan mineral serta vitamin , koenzim . berkoordinasi dengan enzim untuk membantu berfungsinya organ dan sistem tubuh .

Mineral mencakup natrium , magnesium , fosfor , kalsium ,kromium, mangan ,besi , tembaga ,seng , selenium , molybdenum , yodium , dan seterusnya . Jumlah mineral dalam tubuh kecil sekali, tapi kalau kekurangan mineral , fungsi enzim akan menurun ,mengganggu kegiatan hidup . Jika Anda merasa malas ,letih, tak bersemangat , ketika anda mudah kena flu , mudah kehilangan kendali emosi , mudah tersinggung , atau depresi, mungkin penyebabnya adalah kekurangan mineral .Semua gejala itu sering ditemukan didunia kita sekarang .

Ada lebih dari pada 100 jenis mineral dan semua itu di golongkan menjadi ( 1 ) mineral utama  ( major minerals),dan ( 2 ) mineral renik  ( trace minerals ). Di antara mineral utama ,yang paling dikenal adalah kalsium . Mineral yang paling dibutuhkan tubuh kita adalah kalsium . Kalsium  menjadi bahan tulang kita . Selain itu kira-kira 1% kalsium dalam tubuh membantu fungsi darah,saraf,dan otot. Kalsium 1% itu berperan penting sekali dalam memelihara kesehatan tubuh dan akalbudi . Berbagai fungsi seperti pembekuan darah , stabilitas saraf , pengeluaran hormon , dan pergerakan luwes pada otot bergantung kepada kalsium . Kalau makanan kita kekurangan kalsium , tubuh akan mengambil kalsium dari tulang . Jika keadaan seperti itu terjadi terus -menerus , kalsium dalam tulang akan terkuras dan akibatnya bisa berupa osteoporosis . Kalau kalsium 1% itu tak ada , kita bisa merasa gamang , mudah frustasi ,dan bahkan kehilangan kendali emosi .

Mineral tak bisa diproduksi dalam tubuh ,sehingga harus dipasok lewat makanan . Tiap mineral punya fungsi khusus dalam kegiatan tubuh kita dan kekurangan mineral akan berakibat buruk bagi kesehatan . Kebutuhan akan mineral  renik seperti besi,seng, tembaga, yodium, dan selenium jauh lebih kecil dari pada mineral utama seperti kalsium , magnesium, dan kalium, tapi itu bukan berarti mineral utama lebih penting dari pada mineral renik. Tiap mineral renik punya fungsi sendiri dengan bekerja sama dengan yang lain . Semua perlu dipasok .