Menu

Olahraga dan diet yang baik adalah pendekatan yang rasional untuk mengatasi kegemukan

0 Comment

Banyak orang di usia 40+ sering mencari upaya untuk mengurangi kegemukan dengan cara instan dengan alasan tidak punya cukup waktu untuk melakukan olahraga.

Namun, sebenarnya banyak cara instan ini yang hanya menjanjikan tetapi kenyataannya sama sekali tidak mengurangi kegemukan. Hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut.

Untuk mendapatkan pembakaran lemak, kita harus melakukan aktivitas olahraga aerobik, yang biasanya disebut dengan aktivitas kardio atau dikenal juga dengan aktivitas areobik. Intensitas aerobik yang diperlukan untuk pembakaran lemak ini adalah intensitas denyut jantung sekitar 60% dari denyut jantung maksimal. Denyut jantung maksimal adalah 220-umur . Namun ini biasanya agak sulit dilakukan , sehingga lakukanlah cara yang gampang : berolahraga dengan bernapas secara normal , yaitu dengan kita masih dapat berbicara sepanjang melakukan olahraga .

Di intensitas sekitar sekitar 60% ini akan terjadi pembakaran kalori . Didalam pembuluh darah kita ada enzim pemecah lemak yang disebut enzim lipoprotein lipase . Enzim ini biasanya dalam keadaan tidak aktif dan akan menjadi aktif karena timbulnya panas akibat olahraga. Bila enzim ini aktif , ia akan menggunakan lemak kita untuk mendapatkan energi dan bukan dari gula lagi. Jadi, tanpa timbulnya panas akibat olahraga sebagai pencetus awal, tidak akan terjadi fase pembakaran lemak ( fat burning stage ) . Fase pembakaran lemak ini akan berlangsung terus selama 3-15 jam setelah kita melakukan olahraga aerobik yang benar. Bila kita melakukan olahraga pada pagi hari, fase pembakaran lemak ini makin efektif karena kita juga melakukan aktifitas fisik secara tidak  sengaja pada pagi hari yang juga mungkin dapat menambah pembakaran lemak yang terjadi.

Jadi jelas dengan cara instant tidak terjadi produksi panas yang dapat mengaktifkan enzim lipoprotein lipase sehingga tidak akan terjadi fase pembakaran lemak. Bila tidak terjadi pembakaran lemak, dengan sendirinya tidak akan mungkin mengatasi kegemukan.